Pesantren Tahfidz - Ujian Hifzhul Quran Santri Putri Semester Ganjil TP 2017-2018

upload by Admin - 2017-12-17 - 06:15:17 - di baca 80 Kali

sd smp sma tahfidz quran unggulan insan pratama boarding school tangerang banten Pesantren Tahfidz - Ujian Hifzhul Quran Santri Putri Semester Ganjil TP 2017-2018

Sebanyak 750 Juz hafalan Qur'an berhasil disetorkan oleh kurang lebih 300 Santri Putri Pesantren Qur'an Unggulan Insan Pratama ( IP ) tangerang, dalam Ujian Hifzhul Qur'an (UHQ) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diadakan di Masjid Pesantren.
Kepala Bidang Pengajaran Al-Quran, Ustadzah Heni mengatakan, "Ujian Hifzhul Quran (UHQ) merupakan ujian per semester bagi para santri untuk bisa mengetahui pencapaian para santri dalam menghafal qur'an per semesternya. Selain menjadi sarana evaluasi capaian hafalan para santri, Ujian Hifzhul Quran diharapkan mampu meningkatkan motivasi santri dalam bermurojaah ".
Lanjut Ustadzh Heni menambahkan sejumlah hafalan qur'an yang disetorkan santri dalam ujian merupakan indikator untuk mengetahui sejauh mana para santri bisa mempertanggung jawabkan seluruh hafalan yang dimiliki.  Status lulus ujian yang mereka peroleh nantinya akan menjadi acuan untuk melanjutkan ke hafalan berikutnya pada semester genap mendatang.
Dalam UHQ yang berlangsung selama 2 hari itu, para santri diberikan waktu sebanyak empat kali setoran hafalan setiap harinya agar bisa menyelesaikan seluruh setoran hafalan yang dimiliki, diantaranya 04.30-06.00, 07.30-09.30, 09.30-11.00, dan 15.30-17.00. Selain itu, santri dibolehkan menyetorkan hafalan diluar waktu yang telah ditentukan panitia atas kesepakatan dengan penguji.
Sebanyak 8 kelompok halaqoh yang dipimpin oleh ustadzah atau penguji UHQ disiapkan untuk memberikan penilaian terhadap sejumlah hafalan para santri. Setiap anggota kelompok yang terdiri dari 11 anggota akan diberikan penilaian yang menentukan santri bisa menambah hafalan berikutnya atau tidak pada semester genap mendatang. Apabila memperoleh sekurang-kurangnya 60 dari panitia penguji, maka akan diberikan sanksi yang telah ditetapkan oleh panitia dan diharuskan mengulanginya selama masa ujian berlangsung.
Di waktu yang bersamaan, sebanyak kuarang lebih 200 Santri Putra turut melaksanakan ujian serupa di Masjid pesantren (Putra).