Kenaikan JUZ hafalan qur'an tahfidz qur'an unggulan insan pratama

upload by Admin - 2017-11-12 - 00:00:00 - di baca 39 Kali

sd smp sma tahfidz quran unggulan insan pratama boarding school tangerang banten Kenaikan JUZ hafalan qur'an tahfidz qur'an unggulan insan pratama

Setiap penghafal dalam manjalankan hafalan diwajibkan memperhatikan kondisi hafalan dalam setiap juznya. Melihat hal tersebut demi menjaga kualitas hafalan, maka didalam hal ini diberlakukan ujian kenaikan yang wajib dilakukan oleh santri penghafal al-qur'an, diantaranya :

  1. Ujian pra dlabit.

Ujian ini dilaksanakan oleh santri setelah santri dapat atau mampu menghafal beberapa halaman yang sekurang-kurangnya minimal 5 halaman (1/4 juz) hingga 1 juz diwajibkanuntuk menyambung hafalan dari awal hingga membentuk hafalan utuh yang disetorkan kepada pembina halaqoh masing-masing sesuai dengan hafalan yang didapatnya. Santri dapat melakukan DLABIT dengan minimal setoran 2-5 hafalan sekali setor dengan pertimbangan tahfidz dan bacaan fashohahnya yang keputusannya ada pada pihak pembina halaqoh apakah akan bisa atau melaksakan ujian DLABIT atau tidak.

  1. Ujian dlabit.

Ujian ini dilaksanakan oleh santri setelah dinyatakan lulus oleh pembimbing halaqoh, dan telah menyelesaikakn pra dlabit kepada pembina halqoh masing-masing. Ujian DLBIT dilaksakan atas rekomendasi dari pembina halaqoh dengan melihat hasil ujian dari pra dlabit sebelumnya. Santri dapat menyetorkan hafalan sekurang-kurangnya minimal 5 halaman (1/4 Juz) hingga 1 juz dihadapan penguji ujian kenaikan juz (DLABIT) yang terdiri dari kepala sekolah, kepala bidang tahfidz, dan koordinator tahfidz baik putra maupun putri. Santri yang dinyatakan lulus, berhak dan wajib melanjutkan hafalan untuk juz selanjutnya, begitu juga yang dinyatakan tidak lulus maka santri wajib mengulangi atau memperbaiki kualitas bacaaanya dan tidak diperbolehkan untuk melanjutkan ke juz selanjutnya.